Rumah Unik Di Berbagai Belahan Dunia

Rumah Unik Di Berbagai Belahan Dunia

Semakin hari desain rumah yang kita jumpai semakin beragam. Ada rumah minimalis, rumah modern, rumah klasik, bahkan rumah unik. Para arsitek pun saat ini berlomba-lomba untuk menciptakan karya yang berbeda dari yang lain. Dalam membangun rumah, terkadang arsitek perlu menghadapi berbagai kendala. Dari kendala akan luas tanah, bahan material, letak geografis, hingga keterbatasan biaya. Akan tetapi, beberapa arsitek tidak menganggap hal tersebut sebagai masalah. Sehingga pada akhirnya, mereka tetap bisa menghasilkan desain rumah unik dan berbeda. Nah, artikel ini memang pas bagi Anda yang sedang mencari inspirasi desain rumah yang berbeda dari yang lain. Atau, bagi Anda yang penasaran dengan desain rumah yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya.

Pada saat ini, kaca memang menjadi salah satu bahan favorit dalam sebuah desain rumah. Kaca bisa menjadi penghubung antara indoor dan outdoor. Dengan adanya kaca, penghuni rumah bisa merasa selalu terhubung dengan alam. Apalagi, isu lingkungan yang berkaitan dengan pelestarian alam memang sedang hangat-hangatnya untuk saat ini. Meskipun belum tentu terbuat dari kaca, pemasangan jendela yang besar mayoritas digunakan oleh desain beberapa rumah unik di bawah ini. Berikut ini adalah desain rumah unik yang tersebar di seluruh dunia.

Rumah Unik Guazuma di Tabasco, Meksiko

Rumah unik karya Alberto Zavala Arquitectos ini berbentuk seperti paviliun dan terletak di daerah tropis. Oleh karena itu, beberapa ruangan termasuk ruang tamu bahkan hanya tertutup sebagian. Hal ini dimaksudkan agar penghuni rumah merasa bersatu dengan alam. Apalagi, tidak ada kendala cuaca yang ekstrim di sekitar rumah ini. Dan tentunya di lokasi ini sepertinya tidak ada kendala akan pencurian juga, ya.

Sementara itu, ruang santai keluarga memiliki jendela yang juga berfungsi sebagai pintu. Jendela tersebut terbuat dari bahan kaca dan bisa dibuka lebar hingga ruang keluarga pun dapat terhubung sepenuhnya dengan outdoor. Untuk ruang privat, seperti kamar, terletak di bagian belakang rumah. Ruangan ini memiliki elevasi yang berbeda dengan bagian depan rumah. Ruang privat ini dapat diakses dengan menggunakan tangga dari rumah bagian depan.

Rumah Unik Guazuma di Tabasco, Meksiko

Rumah Unik Gaze di Obu, Jepang

Gaze adalah sebuah istilah untuk struktur bangunan di Jepang. Istilah ini memiliki arti berupa kombinasi dari beberapa material bangunan dan elemen bangunan agar dapat memaksimalkan ruang. Gaze umumnya memiliki bentuk yang unik dan menarik. Rumah Gaze ini merupakan sebuah karya dari APOLLO Architects. Luas lahan yang sempit tentunya tidak menjadi kendala bagi arsitek ini.

Lantai dasar dikelilingi oleh dinding kaca dan interiornya dipenuhi dinding yang terbuat dari batu bata dan semen. Sehingga privasi penghuni rumah tetap terjaga. Sementara lantai atasnya memiliki konsep sederhana dan minimalis.

Rumah Unik Gaze di Obu, Jepang

Flexhouse di Swiss

Tak hanya gedung perkantoran yang memiliki desain yang unik dan modern. Saat ini, rumah tinggal pun bisa memiliki desain yang unik, seperti rumah ini. Rumah ini adalah karya dari tim arsitek Evoluton Design. Terletak di tepi Danau Zurich, penghuni rumah bisa menikmati pemandangan danau dari dalam rumah. Rumah ini dikelilingi oleh dinding kaca sehingga rumah ini bisa mendapatkan pencahayaan natural pada siang hari. Jika menginginkan adanya privasi, penghuni rumah dapat menambahkan tirai pada jendela rumah. Bentuk dari struktur yang melengkung adalah lambang dari pergerakan kelompok masyarakat lokal di sana.

Flexhouse di Swiss

Rumah Keluarga di Stechovice, Republik Ceko

Rumah keluarga ini tidak terlihat seperti rumah sama sekali. Mungkin karena arsitek yang mendesainnya memilih bentuk melingkar sebagai bentuk dasar rumah ini. Di tengah dinding melingkarnya, rumah ini memiliki jendela segitiga besar. Dengan jendela ini, rumah bisa memperoleh pencahayaan alami pada pagi hingga sore hari. Rumah keluarga ini memang tampak besar, karena ditujukan untuk dihuni oleh beberapa keluarga. Berdesain unik, rumah ini adalah hasil karya arsitek Caara.

Rumah Keluarga di Stechovice, Republik Ceko

Rumah Pilotis di Okayama, Jepang

Rumah yang didesain oleh tim arsitek Furuichi and Associates ini memiliki bentuk yang unik. Bentuknya yang seperti tanda silang ini memberikan sirkulasi udara yang baik bagi rumah ini. Apalagi sebagian besar dinding rumah ini terbuka. Rumah ini berada di tepi persawahan sehingga penghuni rumah dapat menikmati udara segar dan pemandangan yang menakjubkan dari dalam rumah. Selain mendapatkan sirkulasi udara luar, rumah ini pun mendapatkan pencahayaan alami pada pagi hingga sore hari.

Rumah Pilotis di Okayama, Jepang

Rumah Unik CML di Chili

Rumah unik CML ini merupakan hasl karya dari dua orang arsitek yaitu Ricardo Torrejon dan Arturo Chadwick. Dari luar, rumah ini tampak seperti kandang ternak yang berbentuk kotak. Rumah ini menggunakan tekstur kayu agar tampak lebih menyatu dengan alam sekitar. Di salah sisi bangunan terdapat sebuah jendela besar dengan bingkai logam untuk menambahkan kesan modern. Jendela ini tentunya juga berfungsi sebagai sumber cahaya alami pada pagi hingga sore hari. Pada bagian interior rumah pun dipenuhi oleh kayu sehingga rumah memiliki kesan yang hangat dan natural.

Rumah Unik CML di Chili

Rumah Carapicuiba di Sao Paulo, Brazil

Rumah yang bertopang pada dua tiang beton ini adalah sebuah hasil karya dua orang arsitek yaitu Angelo Bucci dan Alvaro Puntoni. Sebenarnya, rumah ini terletak di lantai atas sebuah bangunan. Oleh karena itu, rumah ini tak terlihat jelas oleh orang-orang yang berlalu-lalang di jalanan sekitar. Selain terhubung dengan dua tiang utama, rumah ini terhubung dengan bangunan bawahnya hanya dengan sebuah tangga. Berbentuk seperti container, rumah ini memiliki dinding kaca sebagian sehingga penghuni tetap bisa mendapatkan sumber pencahayaan alami dari pagi hingga sore hari. Wah, jadi rumah tersembunyi ini memang sangat cocok untuk dijadikan tempat pelepas lelah.

Rumah Carapicuiba di Sao Paulo, Brazil

Rumah Alan Voo di Los Angeles

Rumah yang terlihat seperti kabin dari pesawat ruang angkasa ini merupakan hasil karya Alan Voo House ini memiliki luas 92.9 meter persegi. Bangunan rumah ini adalah ekstensi dari rumah sebelumnya. Rumah ini dikelilingi oleh pepohonan dan mayoritas berdinding kaca. Sehingga para penghuni bisa menikmati pemandangan alam dari dalam rumah. Untuk menambah kesan futuristik, lantai dasar rumah ini diberikan keramik mengkilap dan seluruh rumah diwarnai oleh cat berwarna putih.

Rumah Alan Voo di Los Angeles

Rumah Sinema di Korea Selatan

Rumah yang terletak di Korea Selatan ini dirancang oleh tim arsitek UTAA. Hal yang membuat rumah ini menarik adalah peletakan ruang yang asimetri sehingga terlihat seperi puzzle. Rumah ini pun mayoritas berdinding kaca transparan sehingga mendapatkan pencahayaan alami dari pagi hingga sore hari. Dinding kaca tersebut pun memiliki beragam fungsi, ada yang berfungsi sebagai jendela maupun sebagai pintu. Desain rumah ini tentunya sangat kompleks. Meski rumah ini memiliki desain yang unik, Anda tetap perlu memperhatikan keamanan di lingkungan sekitar Anda apabila Anda tertarik untuk menggunakan desain yang serupa dengan rumah unik ini.

Rumah Sinema di Korea Selatan

Setelah membaca artikel ini, Anda mungkin sudah memiliki gambaran rumah seperti apa yang akan Anda rancang. Seiring dengan perkembangan jaman, kreativitas pun makin tak terbendung. Pada saat ini, bukan hal yang tak lazim jika Anda melihat sebuah rumah dengan desain yang unik.

About: rumah