Furnitur Rumah Untuk Rumah Minimalis

Furnitur Rumah Untuk Rumah Minimalis

Pemilihan furnitur rumah yang tepat akan memberikan suasana ruangan yang nyaman untuk dipandang maupun untuk ditempati. Untuk rumah yang luas dan besar, pemilihan furnitur rumah mungkin bukan merupakan masalah yang besar. Akan tetapi, saat ini lebih banyak orang yang baru saja membangun rumah minimalis, terutama para kaum millenial. Bahkan, beberapa kaum millenial memilih untuk tinggal di apartemen daripada di rumah pribadi.

Untuk mendekorasi rumah yang kecil dan minimalis memang memiliki tips dan trik khusus sendiri. Sang pemilik tidak dapat semerta-merta membeli furnitur rumah yang berukuran besar dengan jumlah banyak. Hal ini tentunya malah akan membuat rumah terasa penuh dan sumpek. Namun, bukan berarti pemilik rumah hanya boleh membeli beberapa furnitur saja. Memanfaatkan setiap sudut dan bagian ruangan adalah salah satu trik khusus untuk mengakali dekorasi ruang sempit.

Memanfaatkan Sudut Ruangan

Memanfaatkan Sudut Ruangan

Sudut ruangan seringkali tidak termanfaatkan dengan baik. Rak sudut dapat menjadi pilihan untuk menghiasi sudut ruangan tersebut. Anda dapat menaruh buku, ataupun hiasan pada rak tersebut. Selain rak sudut, Anda juga dapat menaruh kursi atau sofa sudut untuk memaksimalkan ruangan. Dengan ini, Anda tidak perlu menyediakan ruang tambahan bagi sofa atau meja. Karena biasanya, sofa dan meja ini cukup memakan banyak ruang.

Memanfaatkan Dinding Ruangan

Dinding ruangan adalah salah satu elemen ruangan yang paling luas. Oleh karena itu, sayang sekali jika dinding ruangan hanya dibiarkan kosong begitu saja. Jika Anda ingin menempatkan banyak furnitur pada ruangan yang sempit, Anda dapat menggunakan beberapa furnitur rumah yang dipasang di dinding. Rak dinding adalah salah satu pilihan furnitur yang tepat. Tentunya Anda dapat menyusun buku-buku atau barang lainnya pada rak tersebut. Jika Anda tidak ingin menggunakan rak dinding, Anda dapat memanfaatkan dinding ruangan Anda agar ruangan tersebut terlihat lebih luas. Anda dapat menambahkan wallpaper sebagai penghias dinding. Dengan begitu, dinding tak akan terlihat monoton. Tapi jangan sampai dinding ruangan seluruhnya penuh dengan wallpaper, ya. Karena bukannya sedap dipandang, hal ini malah akan membuat ruangan terlihat sempit dan penuh. Untuk ruangan sempit, sebaiknya Anda menggunakan wallpaper dengan motif yang sederhana.

Menggunakan Cermin

Cermin adalah salah satu furnitur ajaib yang dapat memberikan kesan luas pada sebuah ruangan. Jika Anda masuk ke dalam salon atau ke dalam toko pakaian di sebuah mall, Anda pastinya sempat merasa bahwa ruangan tersebut sangat besar. Lalu kemudian saat diamati lebih detail, ternyata di setiap dinding ruangan terdapat cermin berukuran besar. Anda tidak perlu menambahkan cermin besar pada setiap sisi dinding rumah Anda. Tetapi, Anda dapat menambahkan beberapa cermin pada sudut ruang atau pada dinding yang masih kosong. Jenis bingkai cermin dapat disesuaikan dengan konsep rumah Anda. Untuk konsep rumah minimalis, pilihlah bingkai cermin yang sederhana tanpa banyak ukiran agar tidak terlihat ramai. Anda dapat menaruh beberapa cermin dalam satu ruangan yang sama.

Menggunakan Karpet

Anda tidak harus meletakkan sofa atau kursi pada setiap ruangan Anda. Bahkan, dalam ruangan yang digunakan untuk bersantai pun, karpet dapat menjadi pilihan alternatif. Penggunaan karpet tampak lebih fleksibel. Anda dapat menaruh beberapa bantal atau pouf sebagai aksesoris. Selain itu, ruangan yang menggunakan karpet memiliki kesan lebih luas daripada ruangan yang menggunakan sofa atau kursi. Akan tetapi, pemeliharaan karpet secara berkala juga penting, lho. Karpet cenderung menarik banyak debu dan kotoran, meskipun jarang digunakan. Oleh karena itu, karpet perlu dibersihkan secara berkala, ya.

Menyisipkan Tanaman Indoor

Tanaman memiliki berbagai macam fungsi. Ada beberapa tanaman yang berfungsi sebagai penjernih udara, seperti tanaman lidah mertua atau sanseviera. Ada juga tanaman yang berfungsi sebagai pengusir nyamuk, seperti lavender. Tanaman juga bisa menjadi penyejuk mata, apalagi pada kamar yang sempit. Akan tetapi, tidak semua orang rela menaruh tanaman di dalam rumahnya karena mereka beranggapan bahwa tanaman tersebut akan membutuhkan perawatan yang berkala. Tak perlu khawatir, beberapa tanaman indoor bahkan tidak perlu perawatan yang rutin, sehingga tidak akan merepotkan sang pemilik rumah. Contohnya, tanaman lidah mertua yang hanya perlu sedikit disiram sebanyak satu kali dalam seminggu. Tanaman indoor pun cenderung berukuran kecil dan tidak menghabiskan banyak tempat sehingga dapat disimpan di sudut meja atau rak.

Memilih Furnitur Multifungsi

Satu furnitur yang memiliki beragam fungsi merupakan salah satu solusi terbaik dalam mendekorasi rumah sempit dan minimalis. Apalagi, sudah banyak yang menciptakan dan menjual furnitur seperti ini. Berikut ini adalah contoh furnitur serbaguna yang dapat menjadi inspirasi bagi Anda.

Meja dengan Laci

Meja dengan Laci

Alih-alih membeli meja biasa, meja seperti gambar di atas dapat menjadi pilihan. Anda dapat menaruh beberapa barang pada laci meja. Rak yang menyatu dengan sofa pun dapat menjadi pilihan karena lebih menghemat ruangan.

Sofa Bed

Sofa Bed

Saat ini, sudah banyak orang yang memiliki sofa bed karena sofa jenis ini nyaman baik untuk duduk santai maupun untuk istirahat sambil berbaring. Selain itu, sofa jenis ini pun tidak memakan tempat. Sofa ini dapat diletakkan di depan TV atau di ruang keluarga. Alih-alih menaruh tempat tidur di ruang keluarga, selain mempersempit ruangan, juga rasanya tidak enak dipandang mata. Sofa multifungsi ini dapat digunakan sebagai tempat tidur saat dibutuhkan saja.

Tempat Tidur Geser

Tempat Tidur Geser

Jika sofa bed umumnya hanya dapat digunakan oleh satu orang, lain halnya dengan tempat tidur di atas. Tempat tidur di atas dapat digunakan sebagai sofa ketika tidak sedang digunakan. Saat akan digunakan, sang pemilik tinggal menarik tempat tidur ini dan menyulapnya menjadi kasur dengan ukuran king size. Jika Anda memiliki kamar yang sempit, maka tempat tidur seperti ini sangat cocok untuk Anda. Tidak hanya itu, pada tempat tidur ini pun terdapat beberapa tempat penyimpanan. Sehingga selain menjadi tempat untuk merebahkan diri, Anda dapat menyimpan pakaian Anda di tempat ini. Wah, tempat tidur seperti cocok sekali untuk kamar sempit atau apartemen studio. Sehingga Anda tidak perlu membeli lemari baju tambahan.

Furnitur Custom

Furnitur Custom

Anda dapat meminta bantuan desainer untuk memilihkan atau merancang furnitur multifungsi yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan Anda. Furnitur custom adalah salah satu pilihan furnitur yang banyak digunakan pada saat ini. Pemilihan furnitur juga disesuaikan dengan ukuran ruangan. Seperti gambar di atas, dinding kamar dapat disulap menjadi multifungsi. Ada rak buku, rak untuk hiasan, meja kerja, dan tempat tidur yang menempel pada rak. Desain furnitur seperti ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki kamar sempit. Anda tak perlu menyediakan ruangan untuk rak buku atau meja kerja. Akan tetapi, Anda perlu rajin membersihkan dan merapikan rak-rak di atas tempat tidur Anda tersebut. Karena semakin banyak barang yang disimpan di rak akan semakin banyak mengundang debu dan kotoran. Tentunya Anda tak ingin kejatuhan debu saat Anda tengah beristirahat, kan?

 

 

About: rumah