Inspirasi Taman Rumah Minimalis, Segarkan Rumahmu

Inspirasi Taman Rumah Minimalis, Segarkan Rumahmu

Berbagai inspirasi taman sekarang sangat mudah kita akses dari berbagai sumber. Pada saat ini sudah cukup banyak yang membuatnya bahkan untuk rumah minimalis sekalipun. Kelengkapan desain rumah untuk mencapai rumah yang apik dan nyaman salah satunya adalah dengan memberikan sentuhan suasana rumah yang hidup. Hal tersebut dapat dihadirkan dengan membuat taman.

Keberadannya dapat membuat suasana menjadi lebih menyegarkan, sejuk, dan menenangkan. Banyak hal positif yang bisa kita peroleh ketika berkebun. Contoh sederhana yaitu dengan berkegiatan menyiram tanaman. Bahkan kegiatan yang remeh ini sekalipun ternyata dapat mengurangi tingkat stress.

Seberapapun luas tanah yang Anda miliki, sebisa mungkin sediakan area khusus untuk tanaman. Akan banyak manfaat yang anda dapatkan. Hamparan rumput hijau sedara tidak langsung juga baik untuk meredakan mata yang lelah setelah berjam-jam menatap gadget.

Untuk membantu Anda mendapatkan ide desain taman rumah minimalis, berikut kami rangkum inspirasi taman dari berbagai sumber. Namun sebelumnya, ada baiknya Anda ketahui tips-tips untuk mewujudkan taman di rumah.

Penggunaan Pot

Masalah utama bertanam di tempat yang sempit adalah lahan terbuka sebagai media tanamnya. Penggunaan pot dapat menjadi solusi masalah ini. Gunakanlah pot dengan warna yang netral seperti putih dan hitam atau biarkan pot dengan warna asli bahannya seperti semen.

Masih banyak barang-barang lain yang bisa anda ubah fungsinya menjadi pot. Anda dapat memanfaatkan barang-barang bekas seperti keranjang anyam, ember, kaleng susu, mangkuk plastik dan lain-lain. Lakukanlah kombinasi dari segi bentuk dan ukuran, agar tidak timbul kesan monoton. Susun pot yangberukuran lebih kecil berada di depan, sementara yang labih tinggi berada di belakangnya.

Metode Tanam Vertikal dan Horizontal

Sisi dinding yang kosong di bagian luar rumah dapat Anda maksimalkan juga fungsinya menjadi taman. Dengan menggantungkan beberapa pot yang berisi tanaman. Kreasikan bentuk pola atau gambar tertentu dari susunan tanaman-tanaman tersebut.

Tak hanya secara vertikal, Anda juga bisa membuat susunan tanaman secara berbaris horizontal. Ruang kosong di sudut dinding rumah pun bisa Anda manfaatkan. Sebagai media tanam, dapat Anda gunakan media tanah atau juga bisa menggunakan pot yang bentuknya mengikuti dinding.

JAnganlah selalu beranggapan bahwa untuk memiliki taman perlu lahan yang luas dan berukuran besar. Maksimalkan ruang kosong dengan sebaik-baiknya, maka taman bisa hadir untuk melengkapi rumah Anda.

Pemilihan Jenis Tanaman

Pemilihan jenis tanaman juga merupakan hal yang penting. Jenis tanaman harus disesuaikan dengan berbagai hal. Seperti dengan ukuran dari ruang kosong yang akan digunakan sebagai taman. Apabila memang ukurannya tidak terlalu luas, maka jangan gunakan tanaman yang memiliki ukuran besar seperti pohon durian. Sebab hal ini akan membuat taman anda menjadi terasa sempit.

Lebih baik jika Anda pilih tanaman yang berukuran kecil dengan jumlah yang banyak agar ruangan kosong dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Tanaman yang memiliki ukuran batang yang ramping biasanya sering digunakan. Untuk ruang kosong di antaranya, anda dapat menanam rumput-rumput taman.

Perawatan Tanaman

Tanaman bukanlah sekedar hiasan belaka, mereka adalah makhluk hidup. Anda juga harus menjamin agar tanaman tetap dapat hidup yaitu dengan merawatnya sebaik mungkin.

Tanaman membutuhkan unsur hara untuk diserap dan menunjang pertumbuhannya. Material hara tanaman dapat Anda peroleh dari pupuk. Sebaiknya gunakanlah pupuk organik. Sudah banyak toko yangmenyediakanpupuk organik cair ataupun kompos. Bahkan sebenarnya Anda sendiri pun bisa membuatnya dengan memanfaatkan limbah dapur.

Hindari penggunaan pupuk kimia sintetis. Karena sebagian unsur residunya justru berbahaya. Residu tersebut tidak dapat diserap oleh tanaman, membuat tanah menjadi keras dan membunuh berbagai biota tanah.

Tanaman juga membutuhkan air. Berikan air secukupnya untuk tanaman Anda. Setiap tanaman memiliki kebutuhan air yang berbeda. Seperti lidah buaya sedikit membutuhkan air namun bukan berarti dia tidak butuh air. Maka baik untuk Anda kenali tanaman yang ditanam terlebih dahulu, sehingga Anda dan keluarga mudah untuk melakukan perawatan.

Ketika tanaman tumbuh terlalu lebat, Anda bisa kendalikan dengan memangkasnya secara berkala. Limbah dari pemangkasan ini dapat anda manfaatkan. Yaitu sebagai bahan pembuatan kompos atau sebagai mulsa organik.

Perabotan yang Tepat

Sesuai dengan ciri khas rumah minimalis yaitu menghargai setiap sentimeter persegi ukuran ruangan. Pilihlah perabotan yang memiliki fungsi jelas serta hindari penggunaan ornamen. Apabila membutuhkan meja dan kursi untuk taman, pilihan yang tepat adalah meja dan kursi yangdapat dilipat. Sehingga ketika sedang tidak digunakan dapat disimpan dan terhindar dari kesan berantakan.

Inspirasi Taman Vertikal untuk Lahan yang Terbatas

Jika tak cukup lahan untuk tanaman, metode vertikal bisa diterapkan. Berbagai bagian dari rumah bisa dimanfaatkan seperti pagar, dinding batas, balkon, dan tepi-tepi lantai.

Inspirasi Taman Vertikal untuk Lahan yang Terbatas

Taman vertikal bisa dibuat dengan menyusun pot-pot secara bertumpuk. Jarak antar tumpukan disesuaikan dengan tanaman apa yang akan digunakan. Tanaman bunga-bungaan, tanaman hias menjalar dan sebagainya bisa diterapkan di sini.

Hijaunya daun dan warna-warni berbagai bunga akan menambah estetika rumah Anda.

Tempat Bersantai dengan Furnitur Outdoor

Taman juga dapat dipadukan dengan tempat bermain dan bersantai. Dengan menambahkan furnitur seperti meja, tempat duduk hingga ayunan akan menambah fasilitas. Bersantai menikmati minuman hangat sambil melihat kesegaran taman akan membantu menurunkan tingkat stress.

Anda juga dapat mencoba dengan menyediakan tempat untuk membentangkan tikar. Sesekali berkumpul dengan keluarga sembari makan siang di taman.

Taman di Dalam Rumah

Membuat taman tak selalu di luar rumah. Kalau memang sudah tidak ada tempat terbuka lagi untuk bertanam. Anda bahkan bisa ciptakan taman di dalam rumah. Tak perlu repot-repot memikirkan urusan lahan untuk taman dalam rumah.

Inspirasi taman yang satu ini cukup menggunakan konsep vertikal dengan dinding seadanya. Anda dapat merancangnya dengan bahan akar-akar natural yang membentang di dinding. Kemudian dapat digantungkan berbagai pit-pot tanaman yang cantik.

Sekilas memang tampak rumit, namun jika sudah dikerjakan bersama seluruh anggota keluarga maka proyek ini akan terasa mudah. Tren terrarium juga bisa Anda aplikasikan dengan salah satu inspirasi taman minimalis ini.

Tanaman di Setapak Tangga

Terdapat banyak cara untuk menghias area anak tangga. Salah satunya dengan tanaman hidup. Tren menghias rumah dengan tanaman indoor saat ini semakn banyak diminati orang. Area tangga juga termasuk tempat yang bisa didekorasi menjadi taman indoor.

Tanaman di Setapak Tangga

Anda dapat meletakkan pot-pot tanaman di tepi-tepi anak tangga. Tanaman jenis kaktus, jenis keladi-keladian, sosor bebek dan sebagainya cocok untuk diterapkan di sini. Teralis pegangan tangga juga dapat Anda manfaatkan untuk menggantung pot-pot tanaman.

Tanaman dalam Pot Raksasa

Ada juga kombinasi antara media di tanah terbuka dan penggunaan pot, yaitu dengan menerapkan pot raksasa. Metode ini justru lebih ramah lingkungan, karena memanfaatkan barang-barang bekas. Metode ini juga cocok untuk anda yang memiliki tanah yang cukup keras, hingga susah dicangkul.

Tanaman dalam Pot Raksasa

Sumber: Anoa Farm Permaculture

Inspirasi taman sederhana ini sering digunakan oleh orang-orang yang menjalankan permakultur. Papan bekas, botol bekas, batu, bata, genteng dan berbagai jenis barang bekas lainnya disusun sebagai pinggiran pot. Susunan membentuk seperti kolam. Lalu lubang itu diisi dengan tanah berkompos yang baik untuk tanaman.

Tanamlah berbagai jenis tanaman sesuai dengan pilihan Anda. Pot raksasa siap menghiasi taman Anda.

Taman dan Kolam Ikan

Inspirasi taman yang satu ini tidak kalah nyamannya. Dengan memadukan kolam ikan dan tanaman akan menghasilkan taman yang dapat meredakan stress.

Taman dan Kolam Ikan

Kolam dapat Anda isi dengan jenis ikan air tawar. Seperti ikan mas, gurame, nila, mujair dan sebagainya.

About: rumah