Mendekorasi Rumah Hilangkan Kesan Sempit

Mendekorasi Rumah Hilangkan Kesan Sempit

Mendekorasi rumah adalah hal yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan setiap ruangan yang dimiliki. Rumah yang bagus tidak selalu harus besar dan mewah. Jika dekorasi yang kurang baik, rumah besar pun bisa saja masih terasa sempit. Jika penataan dekorasinya tepat, maka baik rumah kecil sekalipun akan terlihat elegan dan menyenangkan.

Saat ini pun masih banyak yang menganggap bahwa rumah besar adalah rumah yang bagus. Lalu bagaimana dengan orang yang memiliki rumah berukuran kecil? Keluarga baru menikah yang tinggal di rumah flat dan orang-orang yang tinggal di rumah susun. Apakah mereka tidak memiliki kesempatan untuk membuat bagus tempat tinggalnya?

Semua orang tentu ingin yang terbaik untuk tempat tinggalnya. Selalu ada cara yang dapat ditempuh apabila selalu bersungguh-sungguh. Setiap sentimeter persegi di ruangan sangatlah berarti. Cara mendekorasi rumah sederhana sangat perlu untuk diketahui.

Artikel berikut akan membahas tentang bagaimana cara mendekorasi rumah minimalis. Semoga dapat memberikan gambaran dan menginspirasi.

Kenali Barang-barang yang Menjadi Kebutuhan Untuk Mendekorasi Rumah

Sebelum mendekorasi rumah, ada baiknya anda menghilangkan barang-barang yang memang sudah tidak digunakan. Hal ini akan memberikan ruangan tambahan agar dekorasi lebih baik.

Kenali Barang-barang yang Menjadi Kebutuhan

Sumber: Parenting-Dream

Faktanya, kasus ini sering ditemui. Banyak orang yang terlalu sayang dengan barang-barangnya. Padahal barang-barang tersebut belum tentu menjadi kebutuhan utamanya. Mungkin saja barang itu juga tidak bisa digunakan oleh penghuni rumah yang lain. Alhasil, barang semakin menumpuk dan membuat ruangan menjadi sesak.

Kenalilah barang yang memang menjadi kebutuhan. Misal itu hanyalah sebuah keinginan, jangan terlalu berpikir panjang untuk mengeluarkannya dari ruangan. Jangan khawatir, mengeluarkan barang tidak selalu dengan membuang. Jika barang masih dalam kondisi layak pakai, bisa saja dijual atau disumbangkan ke orang yang lebih membutuhkan.

Dekorasi Rumah – Penggunaan Furnitur yang Berfungsi Ganda

Sering terjadi kendala ketika mendekorasi rumah dengan ukuran kecil, yaitu kehabisan ruangan untuk meletakkan furnitur. Ditambah lagi anak-anak akan terus bertumbuh dan harus memiliki tempat tidur atau ruangan sendiri.

Jika sudah tak ada tempat lagi, mungkin barang-barang penting pun akan tidak terorganisir. Buku berserakan, sepatu terbengkalai dengan bau tak sedapnya, lupa di mana meletakkan kunci sepeda motor dan sebagainya. Bahkan yang lebih parah lagi, ibu akan semakin sering marah-marah. Pastinya hal ini tidaklah baik untuk keluarga.

Penggunaan Furnitur yang Berfungsi Ganda

Sumber: Glitzmedia.co

Penggunaan furnitur yang multifungsi dapat membantu Anda dalam mendekorasi rumah supaya lebih optimal. Misalnya dengan memanfaatkan bagian bawah ranjang untuk menyimpan seprai, selimut dan sebagainya. Menggunakan furnitur bertransformasi juga bisa diterapkan. Seperti sebagian dinding yang bisa diubah menjadi tempat duduk. Lalu ketika sudah tidak digunakan lagi bisa dilipat agar ruangan bisa digunakan keperluan lain.

Furnitur multifungsi sering digunakan di rumah-rumah model campervan. Ruangannya yang sangat minim, hanya sebesar mobil van membuat pemilik mendekorasi rumah campervannya seoptimal mungkin. Kenyataannya, mobil campervan menyediakan fitur lengkap yang terasa suasana di rumah.

Tidak ada salahnya untuk mengadopsi konsep mobil campervan ini ke rumah minimalis Anda. Karena ini akan sangat membantu dalam menata rumah kebanggaan Anda.

Mendekorasi Tempat Tidur Terintegrasi

Ranjang adalah tempat yang digunakan untuk tidur, beristirahat setelah lelah beraktifitas. Ketika terjaga, ranjang tidak banyak digunakan. Ruangan yang digunakan untuk ranjang dapat dikatakan besar. Pengintegrasian baik diterapkan untuk mengoptimalkan ruangan.

Tempat tidur dapat diintegrasikan dengan meja kerja yang merupakan aktifitas yang berlawanan.Cara untuk menerapkannya pun juga banyak pilihan. Salah satunya dengan melipat ke atas ranjang hingga menempel dinding. Kemudian di bagian bawah ranjang diberikan fitur lipatan untuk menegakkan meja kerja.

Mendekorasi Tempat Tidur Terintegrasi

Cara lain adalah dengan mengintegrasikannya secara built-in. Ranjang dibuat bertingkat menjadi dua ranjang. Hal ini juga dapat menambah kapasitas orang yang akan merbahkan diri ke ranjang meski dengan luas ruangan yang sama. Kemudian di bagian lebar ranjang dapat anda tempelkan rak-rak buku. Pada sisi rak buku tersebut juga dapat diintegrasikan dengan meja kerja. Hal ini juga membantu proses kerja, karena berbagai alat tulis tersedia di rak.

Selain itu, masih ada cara mudah yang sudah dapat dibilang memanfaatkan ruangan. Yaitu dengan membuat bagian bawah ranjang sebagai tempat penyimpanan barang. Dengan menerapkan ini tidak ada rasa takut anda ketika melihat kolong ranjang. Karena kolong ranjang sering dibuat adegan menyeramkan di film-film horror.

Mendekorasi Rumah Dengan Dapur Terintegrasi

Cara mendekorasi rumah selanjutnya bisa diterapkan di dapur. Kebiasaan atau aktivitas penghuni rumah di dapur berbeda-beda. Oleh karena itu standar dapur juga relatif. Ukuran dapur yang baik menyesuaikan dengan seberapa nyaman pemilik beraktifitas di dapur.

Dengan ukuran rumah yang minim, kita dituntut lebih kreatif memanfaatkan ruangan yang ada. Dapur yang umumnya berfungsi sebagai tempat untuk memasak, harus anda tambahkan fungsinya agar ruangan anda optimal.

Mendekorasi Rumah Dengan Dapur Terintegrasi

Sebaiknya dapur diintegrasikan dengan tempat makan, tempat menyimpan makanan atau tempat mencuci. Namun perlu untuk diperhatikan sebab akibatnya. Sesuaikan kebutuhan ukuran dan tata letak masing-masing fungsinya.

Dapur yang terintegrasi dengan tempat makan bisa diterapkan dengan menggunakan model L. Satu kabinet untuk area memasak, kabinet yang lain untuk area makan. Panjang meja diperkirakan berkisar 120 cm dengan tinggi 80 cm. Anda dapat menambahkan stool dengan desain simpel sebagai dudukan.

Apabila ingin lebih berhemat, sebaiknya gunakanlah sistem dengan meja yag dapat dipindahkan (didiorong atau dilipat). Meja tersebut tak hanya dijadikan area makan, namun juga bisa digunakan untuk beberapa keperluan lain. Seperti meletakkan bahan makanan.Ketika sudah tidak dipakai lagi dapat didorong atau dilipat kembali untuk melonggarkan ruangan.

Mesin cuci juga bisa-bisa saja diletakkan di dapur. Sebaiknya letakkan mesin cuci di area yang sirkulasinya lebih luas. Jika diletakkan di tempat yang sempit maka kita akan kesulitan untuk melakukan beberapa aktifitas mencuci. Seperti mengambil pakaian dari mesin cuci.

Di kebanyakan apartemen, dapur bergabung dengan ruang keluarga pun sudah biasa. Cara yang baik untuk memisahkan keduanya yaitu dengan menyembunyikan dapur di belakang sebuah panel yang dapat dibuka tutup. Kompor atau oven yang cocok untuk diterapkan di model ini adalah yang menggunakan sumber energi listrik.

Hilangkan Kejenuhan dengan Tambahan Lukisan Dinding

Dengan rumah yang memiliki ukuran kecil, pandangan akan sangat terbatas. Pandangan yang amat terbatas dapat menimbulkan rasa jenuh. Kualitas kebahagiaan penghuni rumah akan memburuk.

Cara yang sederhana yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kejenuhan dari rumah kecil yaitu dengan memasang dekorasi lukisan. Berbagai lukisan bertema burung yang dipasang di dinding ruang tamu rumah kecil ini akan menghidupkan nilai estetika.

Faktor yang penting dalam mendekorasi dinding menggunakan lukisan adalah penempatan lukisan yang simetris. Penempatan bingkai foto terlalu berdempetan tidak direkomendasikan. Karena dengan bingkai yang berdempetan akan menimbulkan kesan sempit.

Penerapan wallpaperpada rumah minimalis merupakan pilihan yang tepat. Sebab luas dinding lebih kecil sehingga untuk menerapkan wallpaper tidak memakan biaya terlalu besar. Jika masih keberatan dari seki pembiiayaan, Anda dapat mencoba terapkan wallpaper pada dinding kamar mandi.

Wallpaper stikerbermotif lucu akan menghadirkan sesuatu yang berbeda dari pemandangan dinding kamar mandi polos. Penting untuk diperhatikan, tempatkan wallpaper pada bagian kamar mandi yang tidak kontak langsung dengan air. Karena hal ini membuat umur wallpaper tidak bertahan lama.

 

About: rumah