Rumah Dua Lantai, Aspek yang Perlu Diperhatikan

Rumah Dua Lantai, Aspek yang Perlu Diperhatikan

Desain rumah dua lantai minimalis akhir-akhir ini menjadi tren tersendiri. Sebab, bentuknya yang sederhana dan unik. Model seperti ini banyak diminati orang juga karena cocok untuk kalangan milenial di perkotaan. Apalagi ditambah dengan harga tanah yang semakin lama semakin tinggi.

Rumah minimalis dua lantai adalah salah satu pilihan favorit. Dengan hadirnya dua lantai, kebutuhan keluarga kecil atau sedang sudah dapat tercukupi dengan baik. Desain rumah dua lantai ini memiliki gaya timeless, sehingga tidak ketinggalan zaman dan tetap enak dipandang kapan saja.

Inspirasi rumah dua lantai minimalis mengusung konsep kesederhanaan yang modern. Desainnya tampil dengan unsur eksterior rumah yang tegas pada bagian garis dan strukturnya dan diperhalus dengan balutan kayu yang terdapat pada beberapa titik strategis.

Untuk mendapatkan sebuah rumah dua lantai yang nyaman, sesuai dengan yang diharapkan dan anggaran dana, berikut akan diulas berbagai tips tentangnya.

Perhatikan Kondisi Tanah dan Lingkungan Sekitar

Antara News.jpg

Sumber: Antara News

Sebelum melakukan pembangunan suatu rumah, tentunya Anda harus menyediakan lahan mana yang akan dibangun rumah. Pastikan tanah memiliki tekstur yang baik, tekstur yang baik untuk bangunan adalah tanah yang tidak terlalu labil.

Usahakan juga untuk mendapatkan lahan yang lebih tinggi. Sebab, apabila lahan terlalu rendah seperti dikelilingi level yang lebih tinggi maka akan menimbulkan risiko genangan air yang tidak baik untuk bangunan dan juga kesehatan Anda.

Anda juga harus memberi perhatian juga terhadap kondisi lingkungan sekitar, sebab nantinya di sanalah Anda dan keluarga akan tinggal di sana.

Pilihlah Konsep dan Tipe yang Tepat

Dasar dalam merancang rumah salah satunya adalah pemilihan konsep. Pemilihan konsep disesuaikan dengan kebutuhan si pemilik rumah. Misal, jika Anda membuat rumah untuk tujuan dihuni oleh anggota keluarga, bangunlah rumah minimalis dengan konsep keluarga dua lantai.

Jika tujuannya untuk dihuni satu atau dua orang saja, tidak ada salahnya juga untuk mempertimbangkan rumah dua lantai minimalis. Sebab, di kemudian hari juga ada kemungkinan penghuni rumah tidak hanya Anda saja.

Jangan lupa juga untuk memilih tipe rumah yang sesuai. Di mana rumah tersebut sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan lahan yang Anda miliki. Pemilihan tipe rumah juga harus mempertimbangkan ketersediaan dana yang Anda miliki.

Berikut adalah beberapa tipe rumah minimalis modern dua lantai yang dapat menjadi inspirasi Anda.

Rumah Minimalis 2 Lantai Tipe 36

36 arsitag.jpg

Sumber: Arsitag

Meskipun tipe 36 ini memiliki ukuran yang terbatas, namun desain ini dirancang untuk keluarga yang memiliki kehidupan modern tapi sederhana. Tipe rumah yang satu ini adalah pengembangan dari rumah minimalis 1 lantai tipe 36 dengan luas dasar lantai yaitu sebesar 36 meter persegi. Sedangkan lantai kedua bisa memiliki ukuran luas yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan penghuninya. Akan tetapi, luas lantai dua luasan lantai dua tidak lebih luas dari lantai dasar yang mempertimbangkan peraturan perundang-undangan tentang gedung bangunan.

Dari segi biaya,rumah minimalis 2 lantai tipe 36 adalah yang paling ekonomis. Oleh karena itu tipe rumah ini terjangkau untuk banyak orang sehingga menjadi pilihan yang banyak diminati.

Rumah Minimalis 2 Lantai Tipe 45

45 arsitag.jpg

Sumber: Arsitag

Hampir serupa dengan tipe 36, namun ukuran masing-masing ruangan didesain lebih lebar agarterasa cukup luas. Ukuran dasar lantainya adalah 45 meter persegi.

Untuk mempercantik bangunan rumah agar tampil lebih atraktif, desain interior maupun eksterior minimalis juga sangat dibutuhkan.

Dari segi biaya, rumah minimalis 2 lantai tipe 45 ini juga cukup terjangkau, hanya sedikit di atas tipe 36. Sehingga tipe rumah ini juga banyak diminati banyak orang. Selain itu, tipe desain rumah ini nyaman dan memberikan ruang gerak yang luas bagi penghuninya.

Susun Denah Rumah dan Perkiraan Biaya

Setelah Anda mendapatkan konsep dan tipenya, selanjutnya penyusunan denah bisa dimulai. Melalui pembuatan denah Anda akan mendapatkan gambaran rumah yang nantinya akan Anda miliki. Pembuatan denah juga penting, sebab bila ada revisi dapat dilakukan dengan hanya mengubah denah. Tanpa membuat denah, hanya menggunakan metode trial error akan menghabiskan dana lebih banyak.

Sangat penting untuk mngambil ukuran dengan cermat. Ukuran yang tepat dapat mempermudah Anda dalam membuat denah yang baik.

Melalui denah, Anda juga dapat memperkirakan kebutuhan biaya yang akan digunakan untuk mewujudkan rumah tersebut. Melalui perhitungan kebutuhan biaya, Anda juga dapat menyesuaikannya dengan ketersediaan dana yang Anda miliki.

Pilih Harga Material yang Terjangkau namun Berkualitas

Untuk desain rumah dua lantai minimalis hindarilah membeli bahan-bahan yang terlalu mewah. Sebab, konsep rumah tersebut mengutamakan kesederhanaan dan simplisitas. Lakukan penelusuran harga material di toko-toko bangunan di sekitar Anda. Gunakan alternatif material lain yang dapat meminimalisir pengeluaran untuk material. Namun juga harus diperhatikan kualitas, kekuatan dan ketahanan material tersebut.

Beri Perhatian Khusus pada Pondasi

Spot Tails.jpg

Sumber: Spot Tails

Pondasi merupakan bagian dasar yang menopang bangunan rumah. Dengan desain dua lantai maka pondasi harus benar-benar kokoh dan mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama. Untuk mendapatkan pondasi yang kokoh, Anda dapat menerapkan komposisi material bangunan yang berkualitas baik. Persentase campuran tiap material akan mempengaruhi kekuatan pondasi rumah Anda.

Ketika membuat pondasi rumah, Anda juga akan menentukan garis sempadannya. Sebaiknya garis sempadan bangunan dibuat dengan level yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan permukaan jalan di dekat lokasi rumah. Sebab, permukaan jalan akan selalu bertambah tinggi karena proyek perbaikan jalan akan melapisi jalan sebelumnya.

Penggunaan Tangga yang Sesuai

Tangga merupakan komponen yang penting untuk rumah dua lantai. Komponen ini berfungsi sebagai akses yang menghubungkan antara lantai satu dengan lantai dua.

Kesederhanaan desain tangga pada rumah minimalis memerlukan perancangan, instalasi dan finishing yang tepat. Hal itu dilakukan agar menciptakan hasil akhir yang simpel, aman dan juga enak dipandang.

Faktor yang penting guna melengkapi desain rumah minimalis adalah memanfaatkan trik desain tangga rumah minimalis. Yaitu selain sebagai fungsi penghubung antar lantai rumah, tangga juga berfungsi untuk memperindah interior rumah. Perkembangan properti yang semakin modern ini disertai dengan perancangan yang matang akan menciptakan berbagau model tangga minimalis dengan desain yang indah dan unik.

Menggunakan Jasa Arsitek

Membangun sebuah rumah itu bukan suatu perkara yang mudah. Kegiatan ini membutuhkan proses yang panjang. Tanpa pengalaman dalam mendirikan suatu bangunan akan sulit untuk melakukan pembangunan rumah.

Jika Anda ingin mendirikan sebuah rumah tetapi belum memiliki cukup pengalaman di dalam proses pembangunannya, alangkah baiknya Anda menggunakan jasa arsitek. Disebut arsitek sebab mereka adalah orang yang memiliki keahlian dalam merancang bangunan yang telah teruji.

Anda juga dapat berdiskusi untuk menyamakan persepsi. Tentunya sebagai pemilik proyek Anda punya banyak keinginan serta keterbatasan dalam hal wawasan, praktik konstruksi dan bangunannya. Semua aspek yang perlu diperhatikan dalam membangun rumah adalah keahlian yang dimiliki oleh arsitek.

Referensi:

https://www.cermati.com/artikel/desain-rumah-minimalis-dua-lantai-dan-tips-membangunnya-dengan-biaya-murah

https://www.dekoruma.com/artikel/93978/model-rumah-minimalis-dua-lantai

 

About: rumah